PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 060912 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu program pendidikan dengan tujuan agar peserta didik mampu berinteraksi dengan teman-temannya sehingga mampu menyelesaikan tugas bersatu. Dan sebagai sarana untuk memperoleh hubungan yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain, misalnya melakukan penyelamatan lingkungan, membantu orang lain, kerjasama, mengambil keputusan, berkomunikasi, dan partisipasi. Tetapi kenyataannya ada beberapa masalah keterampilan sosial yang ditemukan diantaranya adalah anak kurang percaya diri dalam memberikan argumentasi, anak kurang aktif dalam berdiskusi dengan temannya, anak kurang memahami sikap meraka terhadap orang yang lebih tua dari mereka, mereka kurang aktif dalam kegiatan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPS berbasis keterampilan sosial. Penelitian ini dilakukan terutama karena bahan ajar yang digunakan siswa belum menggambarkan keterampilan sosial. Oleh sebab itu pengembangan bahan ajar sangat dibutuhkan untuk siswa. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelas IV SD Negeri 060912 Medan Denai Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 30 perempuan. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah (1) Perencanaan dan Pengembangan, (2)Pembahan hasil penelitian pengembangan (R&D) yang dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar IPS berbasis keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pemahaman anak tentang keterampilan sosial mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada hasil pre test dan pos test yang dilakukan peneliti pada kelompok kecil dan kelompok besar (terbatas). Hasil pre tes kelompok kecil sebesar 5,2% dan post tes sebesar 8% artinya terjadi peningkatan sebesar 2,8% sedangkan untuk kelompok besar pre tes sebesar 5,46% dan pos tesnya 9,33% artinya terjadi peningkatan sebesar 3,46%. (2) Keefektifan produk juga mendapatkan nilai yang baik itu terbukti dari nilai yang diperoleh dari tiga validator untuk aspek kelayakan isi skor rata-rata adalah 3.69 (92,3%), aspek kelayakan penyajian skor rata-rata adalah 3,23 (80,77%), dan yang terakhir untuk aspek kelayakan bahasa skor rata-rata adalah 3,5 (87,5%). Dampak dari penggunaan bahan ajar IPS berbasis keterampilan sosial dapat membuat anak belajar dengan senang, aktif dan suasana belajar yang menyenangkan. Diharapkan jika dilalukan tehnik pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPS berbasis keterampilan sosial,maka anak akan lebih memahami tentang keterampilan sosial.