PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN RAMU PENDAPAT (BRAINSTORMING) DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA AL-ULUM MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Keterampilan menulis paragraf argumentasi antara kelompok siswa yang diajar dengan teknik pembelajaran ramu pendapat dan kelompok siswa yang diajar dengan teknik pembelajaran ekspositori; (2) Keterampilan menulis paragraf argumentasi antara siswa berkreativitas tinggi dan kelompok siswa berkreativitas rendah; dan (3) Interaksi antara teknik pembelajaran dan kreativitas terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Al-Ulum Medan dengan populasi seluruh siswa kelas XI sebanyak 203 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang berjumlah 28 siswa pada kelas XI2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas XI1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes keterampilan menulis paragraf argumentasi dan angket kreativitas belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) pada taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa menggunakan teknik pembelajaran ramu pendapat lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan teknik pembelajaran ekspositori (Fhitung > Ftabel = 53.81 > 1.90) sehingga Ha diterima; (2) terdapat pengaruh keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah (Fhitung > Ftabel = 51.13 > 1.90) sehingga Ha diterima; (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran ramu pendapat (Brainstorming) dan kreativitas dalam memengaruhi keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa, dengan hasil perhitungan anava faktorial 2 x 2 diperoleh hasil perhitungan Fhitung > Ftabel = 43.23 > 1.90 sehingga Ha diterima.