Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 327 orang. Dan sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak 50 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes kecerdasan visual spasial dan tes hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok. Dari hasil analisis data diperoleh kedua data tersebut berdistribusi normal dan diperoleh persamaan regresi kecerdasan visual spasial dan hasil belajar matematika adalah Ŷ = 18,6 + 0,75X, dari persamaan ini dapat diprediksikan bahwa variabel (Y) ratarata akan berubah/berpengaruh sebesar 0.75 untuk setiap perubahan yang terjadi pada pada variabel (X) yang artinya setiap peningkatan kecerdasan visual spasial akan memberikan kontribusi bagi hasil belajar matematika siswa secara signifikan. Teknik uji yang digunakan adalah korelasi produk moment dari karl Pearson. Hasil korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016, dengan koefisien korelasi rxy sebesar 0,85 pada taraf signifikan 5% (rhitung > rtabel : 0,85 > 0,29). Kontribusi/pengaruh yang diberikan variabel kecerdasan visual spasial terhadap variabel hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok sebesar 72,25% termasuk kategori tinggi