Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi daripada tipe Student Teams Achievement ivision (STAD) di MTs Al-Jamiyatul Wasliyah Tembung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana (Simple random sampling) dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 32 dan 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data selisih posttest-pretest diperoleh thitung = 2,067 sedangkan ttabel = 1,999. Karena thitung > ttabel (2,067 > 1,999), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division).