Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana rata – rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model Probing – Prompting berbasis etnomatematika mencapai ketuntasan belajar dan (2) untuk mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran Probing – Prompting berbasis etnomatematika dan pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ronggurnihuta dan setelah dipilih secara cluster sampling, diperoleh kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes tertulis. Dari hasil penelitian diperoleh rata – rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen adalah 85,42 dengan simpangan baku 13,12 sedangkan rata – rata kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol adalah 62,5 dengan simpangan baku 16,69. Pada uji ketuntasan belajar rata – rata kelompok eksperimen menggunakan uji t satu pihak dengan