PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YP MARISI MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Menuntaskan pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta YP Marisi Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes pemecahan masalah matematika pada siklus I sebesar 69,9 dengan 67,5% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat pemecahan masalah matematika minimal kategori baik kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,9 dengan 87,5% dari jumlah siswa memiliki tingkat pemecahan masalah matematika minimal kategori baik. (2) Ketuntasan belajar siswa dilihat dari kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 27 orang siswa (67,5%) meningkat menjadi 35 siswa (87,5%) pada siklus II yang telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85 % siswa yang mencapai tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai ≥ 70 sesuai KKM di sekolah. Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan T.A 2016/2017