UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)DIKELAS IXSMPYAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAHMEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan cara mengatasinya melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas IX-B SMP Yayasan Perguruan Al- Hidayah Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan komunikasi matematik, lembar observasi, dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi TTW pada pokok bahasan Tabung dan Kerucut dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes diagnostik dari 30 siswa hanya sebanyak 5 siswa (16,67%) yang mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 45,29. Setelah diberi tindakan, Tes Kemampuan Komunikasi Matematik I pada siklus I, dari 30 siswa sebanyak 15 siswa (50%) mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 62,31. Dari analisis data Tes Kemampuan Komunikasi Matematik II pada siklus II diperoleh bahwa dari 30 siswa terdapat 26 siswa (92,5%) yang mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 76,76. Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I, termasuk kategori baik dengan skor 2,98. Kemudian, pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan skor 3,48. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan komunikasi matematik siswa pada materi Tabung dan Kerucut.