PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN SNAWBALL THROWING DI KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN T.A. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan Snawball Throwing kelas VII SMP Negeri 3 Medan T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E sebagai kelas eksperimen A dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan siswa kelas VII-G sebagai kelas eksperimen B dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snawball Throwing. Jenis penulisan ini adalah eksperimen semu. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa uraian sebanyak 4 soal. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen A 32,344 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen B 33,125. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen A 86,094 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen B 75,234. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dua pihak, dari hasil perhitungan pretest diperoleh dan dengan kriteria pengujian terima Ho dan tolak Ha jika sehingga terlihat bahwa ternyata berada dalam interval tersebut yang berarti bahwa diterima dan ditolak atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan kemampuan awal pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil perhitungan posttest diperoleh dan dengan kriteria pengujian terima Ho dan tolak Ha jika sehingga terlihat bahwa ternyata tidak berada dalam interval tersebut yang berarti bahwa ditolah dan diterima atau dengan kata lain terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan pembelajaran kooperatif tipe Snawball Throwing Kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Snawball Throwing dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi luas bangun datar segiempat