Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui strategi yang digunakan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa; (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Islam Al Ulum Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Islam Al Ulum Medan pada semester ganjil TA 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII- C SMP Islam Al Ulum Medan yang berjumlah 36 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi Operasi Aljabar tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru serta merespon pertanyaan guru/teman belum memenuhi batas toleransi PWI (Persentase Waktu Ideal) yaitu 13,975% dan 6,16% (total 20,135%) dari waktu yang tersedia sedangkan idealnya adalah berkisar 25% sampai 35%. Aktivitas siswa memperhatikan penjelasan guru/teman telah melewati batas toleransi PWI yaitu 31,165% yang idealnya berkisar 20% sampai 30%. Namun, pada siklus II persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru serta merespon pertanyaan guru/teman sudah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 24,48% dan 7,55% (total 32,03%). Untuk aktivitas siswa memperjhatikan penjelasan guru/teman pada siklus II telah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 23,605%. Karena semua kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi kategori ideal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.