Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok prisma dan limas siswa SMP Negeri 1 Kotapinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok prisma dan limas siswa SMP Negeri 1 Kotapinang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Kotapinang T.A. 2015/2016. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-1 diperoleh 19 orang siswa (63,33%) yang mencapai nilai persentase dan 11 orang siswa (36,67%) yang mencapai nilai persentase (syarat ketuntasan belajar TKRM). Sedangkan kemampuan pemecahan masalah dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-1 diperoleh 19 orang siswa (63,33%) yang mencapai nilai persentase dan 11 orang siswa (36,67%) yang mencapai nilai persentase (syarat ketuntasan belajar TKPM). Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui pendekatan pembelajaran matemaika realistik, nilai TKRM I di kelas VIII-I dari 30 orang siswa, 23 orang siswa (76,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai nilai persentase sedangkan 7 orang siswa (23,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKRM. Nilai TKPM I dari 30 orang siswa 23 orang siswa (76,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal dan 7 orang siswa (23,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM. Setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I ke siklus II di kelas VIII-I, nilai TKRM siklus II dari 30 orang siswa 26 orang siswa (86,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai nilai persentase dan 4 orang siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKRM. Sedangkan nilai TKPM dari 30 siswa 27 siswa (90%) %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal dan 3 orang siswa (10%) belum mencapai tingkat ketuntasan TKPM. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di SMP Negeri 1 Kotapinang dapat meningkatkan kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi prisma dan limas