UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRSHARE PADAMATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DIKELAS IX SMPNEGERI 5 GAROGA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 5 Garoga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 5 Garoga T.A 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan Komunikasi Matematis I diperoleh 14 siswa (46,67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan minimal sedang) dan 16 (53,33%) siswa belum mencapai ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa pada Siklus I adalah 61,06. Pada Siklus II mengalami peningkatan dengan pemberian tes kemampuan komunikasi matematis siswa dimana kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 26 siswa (86,67%) telah mencapai ketuntasan belajar dan hanya 4 siswa (13,33%) belum mencapai ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 73,75. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX-A SMP Negeri 5 Garoga T.A 2016/2017.