PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA ANIMASI DAN KEY RELATION CHART PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tarutung tahun ajaran 2016/2017 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament dengan media Animasi dan dengan media Key Relation Chart. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen 1, dan X-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan rumus parsial (uji-t). Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest sebesar 30,33333 ± 6,556562 dan nilai rata-rata post-test adalah 82,33333 ±7,626331 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II adalah 31,83333 ± 7,367605 dan nilai rata-rata post-test adalah 76,16667 ± 8,27161. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 5,92310 dan ttable = 2,00172 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan media Animasi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan media Key Relation Chart