Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dua model pembelajaran yaitu pendekatan Keterampilan Proses Sains dan model pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan Koloid di kelas XI IPA SMAN 14 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 14 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian secara Purpose sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 18 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t dua pihak. Hasil uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > t1/2 (10,56 > 1,005). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Keterampilan Proses Sains dengan model pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan Koloid. Dari hasil analisis data kedua model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa khususnya pada pokok bahasan Koloid. Dari hasil penelitian maka dapat dilihat terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan kedua model pembelajaran yang berbeda sehingga penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk diterapkan pada pokok bahasan lainnya.