Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa yang menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep Simson Tarigan pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simanindo tahun ajaran 2015/2016. Siswa kelas XI IPA Negeri 1 Simanindo sebanyak 4 kelas. Kelas yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA3 (sebagai kelas kontrol). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 item dengan lima option, yang telah divalidkan ke siswa, kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya.hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (1,97 > 1,67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model mengajar mengnduksi perubahan konsep lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model mengajar menginduksi perubahan konsep