ctrlnum 20805
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20805/</relation><title>PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA&#xD; PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA&#xD; PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID&#xD; DI KELAS XI SMA</title><creator>Situmorang, Ita Frimanti</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD415 Biochemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model&#xD; pembelajaran dan media pembelajaran, pengaruh model pembelajaran dan media&#xD; pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa, serta perbedaan rataan nilai hasil&#xD; belajar kimia siswa yang diajar dengan media TTS dan scramble dengan model&#xD; yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA&#xD; SMA Negeri 15 Medan, yakni 7 kelas. Sampel diambil 2 tahap, yaitu : sampel&#xD; kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selajutnya sampel siswa&#xD; diambil secara purposive 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen&#xD; statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor&#xD; yang diujicobakan yaitu faktor A: model pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf,&#xD; yaitu A1 = model pembelajaran jigsaw dan A2 = model pembelajaran two stay&#xD; two stray. Faktor B: media pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu B1= media&#xD; TTS dan B2 = media scramble.&#xD; Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan &#x3B1; = 0,05 diperoleh Fhitung&#xD; (AB) &gt; Ftabel yang berarti ada interaksi antara model pembelajaran dan media&#xD; pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan (B) &gt; Ftabel&#xD; artinya ada pengaruh model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia&#xD; siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar&#xD; menggunakan model jigsaw dengan media scramble memiliki rataan hasil belajar&#xD; kimia yang paling tinggi yaitu 87,13 &#xB1; 4,76. Sebaliknya, rataan hasil belajar kimia&#xD; yang diajar dengan menggunakan model two stay two stray dengan media&#xD; scramble memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling rendah yaitu 71,4 &#xB1; 6,47.&#xD; Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan&#xD; menggunakan media TTS yang dikombinasikan dengan model jigsaw lebih tinggi&#xD; dibandingkan dengan model two stay two stray, yaitu 76,47 &#xB1; 6,09dan 76,07 &#xB1;&#xD; 4,26.&#xD; Berdasarkan pada uji pengaruh sederhana disarankan bahwa sebaiknya&#xD; media scramble digunakan pada pembelajaran yang mengaplikasikan model&#xD; pembelajaran Jigsaw sedangkan media TTS digunakan pada pembelajaran yang&#xD; mengaplikasikan model pembelajaran Two Stay Two Stray</description><date>2016-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/1/1.%20NIM.4123131046%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/2/2.%20NIM.4123131046%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/3/4.%20NIM.4123131046%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/4/5.%20NIM.4123131046%20%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/5/6.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/6/7.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/7/8.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/8/9.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/9/10.%20NIM.4123131046%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/10/14.%20NIM.4123131046%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/11/15.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20805/12/3.%20NIM.4123131046%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> Situmorang, Ita Frimanti (2016) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20805</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Situmorang, Ita Frimanti
title PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI KELAS XI SMA
publishDate 2016
isbn 9784123131049
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QD415 Biochemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/20805/1/1.%20NIM.4123131046%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/2/2.%20NIM.4123131046%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/3/4.%20NIM.4123131046%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/4/5.%20NIM.4123131046%20%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/5/6.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/6/7.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/7/8.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/8/9.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/9/10.%20NIM.4123131046%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/10/14.%20NIM.4123131046%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/11/15.%20NIM.4123131046%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/12/3.%20NIM.4123131046%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20805/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan media pembelajaran, pengaruh model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa, serta perbedaan rataan nilai hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan media TTS dan scramble dengan model yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan, yakni 7 kelas. Sampel diambil 2 tahap, yaitu : sampel kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selajutnya sampel siswa diambil secara purposive 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A: model pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu A1 = model pembelajaran jigsaw dan A2 = model pembelajaran two stay two stray. Faktor B: media pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu B1= media TTS dan B2 = media scramble. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung (AB) > Ftabel yang berarti ada interaksi antara model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan (B) > Ftabel artinya ada pengaruh model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan media scramble memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling tinggi yaitu 87,13 ± 4,76. Sebaliknya, rataan hasil belajar kimia yang diajar dengan menggunakan model two stay two stray dengan media scramble memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling rendah yaitu 71,4 ± 6,47. Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan media TTS yang dikombinasikan dengan model jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model two stay two stray, yaitu 76,47 ± 6,09dan 76,07 ± 4,26. Berdasarkan pada uji pengaruh sederhana disarankan bahwa sebaiknya media scramble digunakan pada pembelajaran yang mengaplikasikan model pembelajaran Jigsaw sedangkan media TTS digunakan pada pembelajaran yang mengaplikasikan model pembelajaran Two Stay Two Stray
id IOS3150.20805
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
recordtype dc
_version_ 1766033413509218304
score 17.538404