PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALDEHID DAN KETON DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah pada materi aldehid dan keton, bertujuan untuk; 1) memperoleh bahan ajar berbasis masalah pada materi Aldehid dan Keton yang telah memenuhi kriteria kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikaan standar BSNP; 2) mengetahui respon dosen dan guru terhadap bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang telah dimodifikasi seseuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu; (1) analisis materi dengan mereview buku-buku berdasarkan angket; (2) pembuatan draft bahan ajar; (3) standarisasi bahan ajar dengan penilaian responden (dosen kimia FMIPA UNIMED dan Guru Kimia); (4) revisi/perbaikan. Penelitian ini melibatkan dua dosen dan lima guru kimia. Instrumen yang digunakan untuk mereview buku kimia SMA dan bahan ajar yang disusun menggunakan standar BSNP. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah; 1) hasil review buku kimia SMA oleh guru menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan masih dalam kategori valid sehingga perlu ditingkatkan menjadi kategori sangat valid; 2) hasil review bahan ajar oleh dosen dan guru menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan kategori sangat valid. Tanggapan responden baik guru maupun dosen terhadap bahan ajar berbasis masalah positif dengan nilai 88,90% yang berarti bahan ajar sangat valid, tidak perlu direvisi dan layak digunakan