PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam makanan berdasarkan standar yang ditetapkan, (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam makananyang dikembangkan, dan (3) mengetahui respon dari siswa terhadap modul pembelajaran IPA berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam makanan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D), dilakukan di SMP Cerdas Murni dan MTsAl-Jamâiyatul Washliyah Tembung. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP, angket komponen learning cycle 5E dalam modul pembelajaran IPA, dan angket tanggapan siswa terhadap rancangan modul. Modul pembelajaran IPA dikembangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran learning cycle 5E yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) pembangkitan minat (engagement), (2) eksplorasi (exploration), (3) penjelasan (explantion), (4) elaborasi (elaboration), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan menurut BSNP karena telah divalidasi dan memperoleh rata-rata skor kelayakan isi 3,55, kelayakan bahasa 3,63, kelayakan penyajian 3,60, dan kelayakan kegrafikaan 3,72. Sedangkan respon siswa terhadap modul pembelajaran IPA berbasis learning cycle 5E pada materi zat aditif dalam makanan yang telah dikembangkan mendapatkan skor 3,54.