Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan media kartu soal dan macromedia flash melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X yang terdiri dari empat kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak (random sampling), dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media macromedia flash dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media kartu soal. Analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flash dibandingkan menggunakan media kartu soal pada materi hidrokarbon. Hal ini dilihat dari harga thitung > ttabel (1,752 > 1,672).