Daftar Isi:
  • Penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan collaborative learning berbasis lesson study kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media LKS (lembar kerja siswa) pada pokok bahasan Sturuktur Atom dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Swasta Istiqlal Deli Tua T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Istiqlal Deli Tua yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,616). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint dengan model collaborative learning berbasis lesson study sebesar 68,13% dan siswa yang dibelajarkan dengan media LKS (lembar kerja siswa) dengan model collaborative learning berbasis lesson study sebesar 63,58 % dan rata - rata observasi lesson study eksperimen I sebesar 69,53% sedangkan eksperimen II sebesar 60,93%.