Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa serta pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dengan Macromedia Flash pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA yang dipandang dari jenis kelas siswa yang sama, dalam semester dan tahun pelajaran yang sama serta dengan kurikulum yang sama. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I (pembelajaran menggunakan Problem Based Learning dengan Macromedia Flash) dan kelas eksperimen II (pembelajaran menggunakan Problem Based Learning) yang ditetapkan berdasarkan jumlah jam pelajaran kimia sama, bahan ajar dan pengajar yang sama. Instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan distruktor. Sedangkan, data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Hasil yang diperoleh : rata-rata pretes kelas eksperimen I = 22,60 ± 10,230 dan pada kelas eksperimen II = 20,60 ± 8,329; setelah pembelajaran dilakukan, rata-rata postes kelas eksperimen I = 83,10 ± 10,621 dan pada kelas eksperimen II = 70,30 ± 15,018. Rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen I = 77,73 ± 8,271 dan kelas eksperimen II = 67,00 ± 8,146. Data hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dari kedua kelompok sampel diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis statistik uji beda nyata pada taraf signifikasi 5% dengan menggunakan program SPSS 20 for windows terhadap data yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa : 1) Hasil belajar siswa dengan pembelajaran model PBL menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model PBL tanpa menggunakan Macromedia Flash terhadap materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; 2) Aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model PBL menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model PBL tanpa menggunakan Macromedia Flash terhadap materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; dan 3) Aktivitas belajar pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui Model PBL dengan Macromedia Flash pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.