Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan perbedaan media yaitu menggunakan media Macromedia Flash dan media kartu soal terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa kelas XI SMA N 16 Medan pada pokok bahasan koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 16 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian secara Purposive sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model Inkuiri menggunakan media Macromedia flash dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan Inkuiri menggunakan media kartu soal. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 25 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Kemudian untuk kerjasama siswa menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji gain, uji t dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji gain dan t-test untuk peningkatan hasil belajar siswa yaitu kelas eksperimen 1 rata-rata gain 0,77 dan terjadi peningkatan sebesar 76,85% dan kelas eksperimen 2 rata-rata gain 0,70 dan terjadi peningkatan sebesar 70,15%. Rata-rata kerjasama siswa diperoleh pada eksperimen 1 sebesar 77,16 dan eksperimen 2 sebesar 74,44. Untuk uji korelasi dengan Inkuiri dengan media Macromedia Flash (eksperimen 1) diperoleh rhitung > rtabel (0,077 < 0,312) dan uji korelasi dengan model Inkuiri dengan media kartu soal (eksperimen 2) diperoleh rhitung > rtabel (0,78 < 0,312) dan uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,5 > 1,99) dan uji t-test untuk kerjasama siswa diperoleh harga thitung > ttabel (2,3 > 1,99). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: 1) ada peningkatan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan Macromedia Flash dengan model Inkuiri dengan media kartu soal, 2) ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model Inkuiri dengan media Macromedia Flash 3) Tidak ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan media kartu soal, 4) ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan model Inkuiri dengan Macromedia Flash dan media kartu soal, 5) ada perbedaan kerjasama yang diajarkan model Inkuri dengan Macromedia Flash dan media kartu soal