Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi alkana dan sikloalkana pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) implementasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada materi alkana dan sikloalkana pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu kelayakan isi = 3,62; kelayakan bahasa = 3,56; kelayakan penyajian = 3,56; kelayakan kegrafikaan = 3,52 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 79%; (4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM