Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Medan, bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi alkena dan alkuna pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2)modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP;3) implementasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa;4)hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM.Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MIA-1 Medan. Populasi yaituseluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random samplingdengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan :(1) bahan ajar pada materi alkena dan alkuna pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu direvisi; (2) modul yang dikembangkanmemenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh : Kelayakan Isi = 3,52; Kelayakan Bahasa = 3,40; Kelayakan Penyajian = 3,53; Kelayakan Kegrafikan = 3,59 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi model pembelajaran berbasis masalahyang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 72%; (4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari hargaKKM