IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini telah dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang terintegrasi media pada hasil belajar dan karakter siswa dalam materi hidrolisis garam. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan karakter siswa pada hidrolisis garam antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash. Dalam penelitian ini digunakan rancangan RAL (Rancangan Acak Lengkap). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang diambil secara purposive sampling. Data yang dibutuhkan adalah data kuantitatif yang berupa data penilaian data hasil belajar dan karakter siswa. Untuk memperoleh data penilaian karakter siswa dilakukan dengan observasi, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar, maka peneliti menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk test objektif menggunakan lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil uji validasi, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda dan distruktor instrumen tes, maka dari 40 soal sebanyak 21 soal memenuhi syarat tetapi hanya 20 soal yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dalam materi hidrolisis garam antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash. Data yang diperoleh Fhitung > Ftabel (13,37 > 3,10) dan sig(0,00) < α(0,05). Dengan rata-rata nilai 70,16 (Eksperimen 3), 69,83 (Eksperimen 2) dan 57,83 (Eksperimen 1) atau dapat dikatakan Macromedia Flash > PPT > Peta Konsep. Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terintegrasi media dapat menumbuhkembangkan karakter rasa ingin tahu, kerjasama, dan tanggung jawab siswa. Persen peningkatan hasil belajar untuk ketiga kelas dari hasil persen gain yakni Peta Konsep = 43,00%, Powerpoint = 56,27% dan Macromedia Flash = 61,32%.