PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA INDEX CARD MATCH DAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI SISTEM KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media index card match dibandingkan dengan model Team Games Tournament (TGT) dengan media crossword puzzle pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan T.A 2015/2016, yakni 4 kelas. Sampel kelas diambil 2 kelas secara teknik random sampling purposif. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media index card match dan kelas eksperimen 2 model Team Games Tournament (TGT) dengan media crossword puzzle. Uji persyaratan analisis uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak pada taraf α = 0,05. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 diperoleh rataan pre-test sebesar 33,08 ± 6,94 dan post-test 87,5 ± 6,51 sedangkan kelas eksperimen 2 diperoleh rataan pre-test 33,27 ± 7,34 dan post-test 78,08 ± 5,49. Dan dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 diperoleh rataan nilai aktivitas belajar sebesar 74,76 ± 6,25 sedangkan kelas eksperimen 2 diperoleh rataan nilai aktivitas belajar 71,07 ± 4,52. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media index card match dibandingkan dengan model Team Games Tournament (TGT) dengan media crossword puzzle pada materi sistem koloid.