PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LKS PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
Daftar Isi:
- Pengaruh penggunaan media LKS pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media LKS pada model pembelajaran Problem based learning (PBL) pada materi hidrolisis garam. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Kabupaten Tobasa kelas XI yang terdiri dari 5 Kelas. Sampel penelitian diambil secara purposif. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol, dan XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Instrumen tes yang digunakan memiliki nilai validitas 0,20. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,20>0,36, maka instrumen tersebut valid. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media LKS pada model pembelajaran Problem based learning (PBL). Analisis data untuk hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 36,17±37 dan nilai rata-rata post-test adalah 81,33±73,67. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 2,83 dan ttable = 1,68, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dengan kriteria Ha>Ho. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media LKS pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam.