PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada pokok bahasan asam karboksilat dan ester bertujuan untuk 1) memperoleh bahan ajar yang telah disusun pada materi asam karboksilat dan ester yang sudah memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan menurut BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), dan 2) mengetahui tanggapan dari dosen dan guru mengenai bahan ajar berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah peneilitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan materi, (2) pengembangan bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar meliputi standarisasi berdasarkan penilaian BSNP dan penilaian masalah, dan (4) revisi bahan ajar. Penelitian ini melibatkan 2 dosen dari jurusan kimia dan 3 guru dari SMA Negeri 7 Medan dan SMA YPK Medan sebagai validator ahli. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan berdasarkan BSNP dan angket penilaian masalah yang telah dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah: 1) penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP valid dan tidak perlu direvisi dengan kelayakan isi sebesar 3,6; kelayakan bahasa sebesar 3,7; kelayakan penyajian sebesar 3,6; kelayakan kegrafikan sebesar 3,6; dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,65. 2) tanggapan dosen dan guru mengenai modul berbasis masalah adalah positif dan layak digunakan