Daftar Isi:
  • Pengembangan bahan ajar inovatif dan interaktif berbasis web untuk pengajaran sistem periodik unsur di universitas dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan (Unimed) terhadap empat dosen ahli dan dua puluh mahasiswa jurusan kimia Unimed dengan mengisi angket penilaian bahan ajar inovatif berdasarkan standar kelayakan BSNP yang telah dimodifikasi, angket penilaian komponen inovatif (metode, media, dan kegiatan laboratorium), dan angket penilaian website. Dalam bahan ajar inovatif dan interaktif ini, terlebih dahulu dilakukan identifikasi lima buku kimia dasar universitas kemudian menganalisis urutan materi yang akan diintegrasikan berdasarkan SK dan KD Silabus Unimed dan perluasan materi lainnya. Dan dilakukan analisis terhadap lima buku yang telah diidentifikasi kemudian pengembangan bahan ajar diintegrasikan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi sistem periodik unsur di universitas, dan selanjutkan bahan ajar tersebut didesain dalam sistem website dengan alamat sistemperiodikunsur.twomini.com. Kemudian bahan ajar distandarisasi oleh dosen dan mahasiswa untuk mengetahui apakah bahan ajar valid atau tidak valid. Berdasarkan penilaian, nilai bahan ajar pada kisaran 3,26-4,00, tepatnya pada angka 3,56 yang berarti bahan ajar valid, tidak perlu revisi dan layak digunakan. Dengan melihat hasil standarisasi bahan ajar, maka bahan ajar inovatif dan interaktif untuk pengajaran sistem periodik unsur yang berbentuk electronic book (e-book) dan berbasis website ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan baik dosen maupun mahasiswa yang mengajar dan mempelajari kimia dasar universitas