PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation dengan menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 14 Medan tahun ajaran 2015/2016. Sampel kelas diambil secara teknik random yakni 2 kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing terdiri dari 20 siswa. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas sebesar 0,608. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,608 > 0,339, maka instrumen tersebut reliabel. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 42,60 ± 5,88 dan posttest adalah 81,70 ± 7,40. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 44,35 ± 5,86 dan posttest 76,30 ± 4,95. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji anava diperoleh Fhitung sebesar 6,56 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,10 pada taraf nyata α = 0,05. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation dengan menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi.