ctrlnum 20737
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20737/</relation><title>PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK&#xD; BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN&#xD; DI KELAS XI SMA</title><creator>Nainggolan, Intan Sri Nancy P.</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD415 Biochemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar, pengaruh model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa, serta perbedaan rataan nilai hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan bahan ajar Handout dan LKS dengan model pembelajaran yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan, yakni 7 kelas. Sampel diambil dengan 2 tahap, yaitu : sampel kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa diambil secara purposif 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A: model pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu A1 = model pembelajaran TAI dan A2 = model pembelajaran learning cycle. Faktor B: bahan ajar yang terdiri dari 2 taraf, yaitu B1= bahan ajar handout dan B2 =bahan ajar LKS. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan &#x3B1; = 0,05 diperoleh Fhitung (AB) &gt; Ftabel atau 14,59 &gt; 4,00 artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan (B) &gt; Ftabel artinya ada pengaruh model dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model TAI dengan bahan ajar LKS memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling tinggi yaitu 88,4 &#xB1; 4,80. Sebaliknya, rataan hasil belajar kimia yang diajar dengan menggunakan model learning cycle dengan bahan ajar LKS memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling rendah yaitu 77,06 &#xB1; 6,16. Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar handout yang dikombinasikan dengan model learning cycle lebih tinggi dibandingkan dengan model TAI, yaitu 78,87&#xB1; 6,32 dan 78,53&#xB1; 6,22. Pada uji pengaruh sederhana sebaiknya bahan ajar LKS diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TAI sedangkan bahan ajar handout diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle karena secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara rataan hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajarn yang dikombinasikan dengan bahan ajar</description><date>2016-08-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/1/1.%20NIM%204123131044%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/2/2.%20NIM%204123131044%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/3/4.%20NIM%204123131044%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/4/5.%20NIM%204123131044%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/5/6.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/6/7.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/7/8.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/8/9.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/9/10.%20NIM%204123131044%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/10/14.%20NIM%204123131044%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20737/11/15.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nainggolan, Intan Sri Nancy P. (2016) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20737</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nainggolan, Intan Sri Nancy P.
title PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA
publishDate 2016
isbn 204123131044
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QD415 Biochemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/20737/1/1.%20NIM%204123131044%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/2/2.%20NIM%204123131044%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/3/4.%20NIM%204123131044%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/4/5.%20NIM%204123131044%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/5/6.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/6/7.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/7/8.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/8/9.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/9/10.%20NIM%204123131044%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/10/14.%20NIM%204123131044%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/11/15.%20NIM%204123131044%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20737/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar, pengaruh model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa, serta perbedaan rataan nilai hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan bahan ajar Handout dan LKS dengan model pembelajaran yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan, yakni 7 kelas. Sampel diambil dengan 2 tahap, yaitu : sampel kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa diambil secara purposif 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A: model pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu A1 = model pembelajaran TAI dan A2 = model pembelajaran learning cycle. Faktor B: bahan ajar yang terdiri dari 2 taraf, yaitu B1= bahan ajar handout dan B2 =bahan ajar LKS. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung (AB) > Ftabel atau 14,59 > 4,00 artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan (B) > Ftabel artinya ada pengaruh model dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model TAI dengan bahan ajar LKS memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling tinggi yaitu 88,4 ± 4,80. Sebaliknya, rataan hasil belajar kimia yang diajar dengan menggunakan model learning cycle dengan bahan ajar LKS memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling rendah yaitu 77,06 ± 6,16. Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar handout yang dikombinasikan dengan model learning cycle lebih tinggi dibandingkan dengan model TAI, yaitu 78,87± 6,32 dan 78,53± 6,22. Pada uji pengaruh sederhana sebaiknya bahan ajar LKS diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TAI sedangkan bahan ajar handout diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle karena secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara rataan hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajarn yang dikombinasikan dengan bahan ajar
id IOS3150.20737
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
recordtype dc
_version_ 1766033412977590272
score 17.538404