PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA PENGAJARAN SENYAWA HETEROSIKLIK
Daftar Isi:
- Pengembangan bahan ajar kimia inovatif dan interaktif berbasis web pada pengajaran senyawa heterosiklik dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan dengan mengisi angket penilaian bahan ajar kimia inovatif berdasarkan standar kelayakan BSNP oleh tiga dosen kimia organik dan tiga puluh mahasiswa jurusan kimia Unimed. Dalam pengembangan bahan ajar kimia inovatif dan interaktif ini, langkah awal yang dilakukan adalah peninjauan buku kimia organik universitas yang memiliki materi senyawa heterosiklik. Peninjauan buku kimia organik ini menjadi referensi dalam penyusunan usulan urutan materi yang sesuai dengan silabus kimia organik. Usulan urutan materi yang divalidasi dosen akan menghasilkan urutan materi yang dikembangkan. Buku kimia organik dianalisis sebanyak enam buah kemudian dilakukan pengembangan bahan ajar kimia inovatif yang diintegrasikan dengan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi serta membuatnya dalam electronic book (e-book). Kemudian membuat dan mendesain web dan mengupload bahan ajar kedalam website yang telah dibuat. Alamat website yang didesain adalah heterosiklik.honor.es. Kemudian bahan ajar distandarisasi oleh tiga dosen kimia organik dan tiga puluh mahasiswa kimia untuk mengetahui apakah bahan ajar valid atau tidak valid. Berdasarkan penilaian yang diperoleh dari penelitian, nilai yang diperoleh berada pada rentang 3,26 – 4,00 yaitu 3,47 yang berarti bahan ajar valid dan tidak perlu dilakukan revisi. Dengan melihat hasil dari penelitian, maka bahan ajar kimia inovatif dan interaktif berbasis web ini layak digunakan baik dosen maupun mahasiswa yang mempelajari kimia organik.