PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Main Authors: Harahap, Fitri Melia, Siagian, Henok
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Unimed , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/20727/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20727/
ctrlnum 20727
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20727/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI</title><creator>Harahap, Fitri Melia</creator><creator>Siagian, Henok</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model&#xD; pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)&#xD; terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 163 siswa. Sampel penelitian diambil dengan cara cluster random sampling, yaitu Kelas XI-3 berjumlah 40 siswa diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas XI-4 berjumlah 40 siswa diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah memenuhi validitas isi. Hasil penelitian pretes diperoleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan data pretes dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah sama. Setelah selesai pembelajaran, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73,67 dan kelas kontrol sebesar 66,67. Data kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran konvensional, dengan kata lain model kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Usaha&#xD; dan Energi di Kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2013/2014.</description><publisher>Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Unimed</publisher><date>2015-02</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20727/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Harahap, Fitri Melia and Siagian, Henok (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Jurnal INPAFI, 03 (01). pp. 55-61. ISSN 2337-4624 </identifier><recordID>20727</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Harahap, Fitri Melia
Siagian, Henok
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
publisher Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Unimed
publishDate 2015
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QC Physics
url http://digilib.unimed.ac.id/20727/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20727/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 163 siswa. Sampel penelitian diambil dengan cara cluster random sampling, yaitu Kelas XI-3 berjumlah 40 siswa diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas XI-4 berjumlah 40 siswa diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah memenuhi validitas isi. Hasil penelitian pretes diperoleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan data pretes dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah sama. Setelah selesai pembelajaran, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73,67 dan kelas kontrol sebesar 66,67. Data kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran konvensional, dengan kata lain model kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di Kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2013/2014.
id IOS3150.20727
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1766951636071088128
score 16.845257