Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games and Tournament (TGT) berbasis media Teka-Teki Silang (TTS) pada pokok bahasan koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas di SMA Negeri 1 NA IX-X pada Tahun Ajaran 2015/ 2016. Sampel kelas dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil secara Purposif, dimana kelas pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media TTS dan kelas kedua sebagai kelas control dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ranah kognitif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan Instrumen tes dalam bentuk objective test sebanyak 25 soal yang telah di uji validitasnya, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas..Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t satu pihak yaitu pihak kanan dan uji gain. Untuk uji hipotesis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (0,05) (58) (4,48>1,67). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games and Tournament (TGT) berbasis media teka-teki silang (TTS) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode Direct Interaction