ANALISA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri menggunakan media peta konsep dan Macromedia Flash pada pokok bahasan Konsep Mol; apakah ada korelasi yang signifikan antara minat dengan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri melalui media peta konsep dan Macromedia Flash; serta apakah ada perbedaan hasil belajar kimia dan minat belajar siswa yang diajarkan melalui Model Pembelajaran Inkuiri menggunakan media peta konsep dan Macromedia Flash akan dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan semester II T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik sampling purposif yang karakteristik populasinya harus tercermin dalam sampel. Dari ketiga kelas diambil dua kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 30 soal dan reliabel (0,880). Sedangkan, data untuk minat belajar siswa diperoleh melalui angket dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Berdasarkan analisis data SPSS, hasil penelitian data gain skor siswa kelas eksperimen I berdistribusi normal dengan nilai Sig.0,520 > 0,05, untuk kelas eksperimen II berdistribusi normal dengan nilai Sig. 0,723 > 0,05, dan data hasil belajar dinyatakan homogen dengan nilai Sig. 0,214 > 0,05 dan data minat belajar dinyatakan homogen dengan nilai Sig. 0,021 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis 1 nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 2 nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 3 dengan nilai Sig. 0,033 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 4 dengan nilai Sig. 0,252 > α 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hipotesis 5 dengan nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 6 dengan nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima