Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle dengan Media Powerpoint terhadap hasil belajar siswa, dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction pada materi stoikiometri. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 soal yang valid dengan reabilitas sebesar 0,693 kategori sedang . Pengambilan sampel penelitian ini diambil secara random yang terdiri dari kelas eksperimen pada kelas X MIA 4 dan kelas kontrol pada kelas X MIA 3. Pada kelas ekperimen diberi model pembelajaran Learning Cycle dengan Media Powerpoint dan pada kelas kontrol diberi model pembelajaran direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78,88 dengan gain peningkatan hasil belajar sebesar 0,71 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 75,97 dengan gain peningkatan hasil belajar sebesar 0,65. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang di belajarkan dengan dengan model pembelajaran Learning Cycle dengan Media Powerpoint lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran direct instruction, (2) kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan Learning Cycle dengan Media Powerpoint lebih baik dibandingkan model pembelajaran direct instruction, (3) ada hubungan antara hasil belajar dengan kerjasama siswa. Berdasarkan perhitungan korelasi hasil belajar siswa dengan kerjasama siswa memberikan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung >rtabel pada = 0,05 dan juga dapat dilihat dari nilai peningkatan hasil belajar siswa yang tinggi, dan nilai kerjasama yang baik.