PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model TPS dengan STAD pada materi pokok Sistem Koordinasi Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini meerupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 240 Orang. Pengambilan sampel secara random (random sampling) dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu Kelas XI IPA-5 dan Kelas XI IPA-6 yang berjumlah 79 Orang. Kelas XI IPA-5diajarkan dengan model TPS dan Kelas XI IPA-6 diajarkan dengan model STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25buah yang digunakan sebagai soal pretes dan postes. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas TPS sebesar 80,51 lebih tinggi disbanding kelas STAD yaitu sebesar 76,5 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 4,01%. Pengujian yang dilakukan dengan uji t menghasilkan = 2,409 dan = 1,665 dengan dk = 77 dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria diterima jika – – , maka penelitian ini menolak dan menerima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS dengan STAD pada materi pokok Sistem Koordinasi Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan.