Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Resiprocal Teaching dengan Word Square pada sub materi pokok hewan vertebrata di kelas X SMA Methodist Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Methodist Berastagi yang berjumlah 3 kelas. Dengan jumlah siswa 110 orang. Pengambilan sampel secara Purposive Sampling dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X1 yang berjumlah 38 orang siswa diajarkan dengan model pembelajaran Resiprocal Teaching dan kelas X2 yang berjumlah 36 orang siswa diajarkan dengan model pembelajaran Word Square. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 30 buah. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas Resiprocal Teaching sebasar 84.13 ± 6.26 lebih baik dibanding kelas Word Square yaitu sebesar 80.56 ± 3.00. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan hasil analisis data diperoleh: nilai thitung > ttabel (2.143 > 2.000) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Resiprocal Teaching dan Word Square pada sub materi pokok hewan vertebrata di kelas X SMA Methodist Berastagi