Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana mengetahui penerapan LKS dengan pendekatan saintifik di kelas X IPA MAN Pematangsiantar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotorik (penilaian produk) pada pembelajaran biologi berbasis LKS dengan pendekatan saintifik. Instrumen soal diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa (penilaian produk) digunakan rubrik penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan menghitung nilai rata-rata untuk mengukur kemampuan kognitif, sedangkan untuk mengukur kemampuan psikomotorik (penilaian produk) digunakan penilaian berdasarkan rubrik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan LKS dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa (kemampuan kognitif) dan kemampuan psikomotorik (penilaian produk) pada siswa kelas X IPA 2 MAN Pematangsiantar T.P. 2016/2017. Hal ini terlihat dari perubahan nilai kognitif siswa pada saat pretes dan postes dengan kategori cukup baik. Pada saat pretes, nilai rata-rata siswa adalah 51,7 sedangkan setelah diberi pembelajaran kemudian dilaksanakan postes, nilai rata-rata postes siswa meningkat menjadi 70. Perubahan bukan hanya terjadi pada kemampuan kognitif siswa saja, namun kemampuan psikomotorik (penilaian produk) siswa juga terlihat baik dengan nilai rata-rata 83.