EFEKTIVITAS TEKNIK MNEMONIK TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas teknik mnemonik terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 5 kelas IPA dan jumlah seluruhnya 200 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (random sampling) yaitu kelas XI IPA2 yang terdiri dari 30 orang.penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen penelitian yang digunakan sebanyak 25 soal.Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif, keefektifan teknik Mnemonik dalam penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang tergolong tinggi 85,2, ketuntasan belajar siswa secara klasikal tergolong tinggi dengan persentase 86,6%, ketuntasan pencapaian indikator telah tercapai dengan persentase 81,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik Mnemonik pada Sistem Ekskresi Manusia memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar siswa.