HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLGI SISWA KELAS XI IPA SMA SWASTA METHODIS LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Methodis Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan menggunakan sempel total, yaitu 84 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan angket (kuesioner) sebanyak 20 butir dan nilai raport biologi siswa sebagai data penelitian hasil belajar. Dari hasil uji persyaratan data diketahui bahwa hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa terdapat hubungan positif dan signifikan yang dihitung dengan uji koefisien determinasi, diperoleh (r = 0,687) dengan persentase kontribusi sebesar 47,2% untuk kecerdasan emosional, (r = 0,685) dengan persentase kontribusi sebesar 47% untuk minat belajar, dan (r = 0,748) dengan persentase kontribusi sebesar 55,9% untuk kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar biologi siswa