ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dan hubungan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa (ekosistem) kelas X IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya seluruh siswa kelas X IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 390 orang. Sampel ditentukan dengan Purposive Sampling, dimana sampel berjumlah 40 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan instrumen (kuesioner) sebanyak 31 butir angket berpikir kritis sedangkan 36 butir angket hasil belajar sebagai alat pengumpul data penelitian dan. Dari hasil pengolahan data berpikir kritis siswa lebih dominan pada kategori cukup yaitu pada batasan rentangan 61–76 sebanyak 22 siswa (55%) dan hasil belajar siswa juga dikategorikan cenderung cukup dengan batasan rentangan 62–77 sebanyak 19 siswa (47,5%). Dari uji persyaratan data diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa, adanya korelasi tetapi tergolong rendah yang ditunjukkan melalui persentase koefisien korelasi dimana persentase kontribusi sebesar 0,014% untuk berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa.