PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI I BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe STAD pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP NEGERI I Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Masing-masing berjumlah 35 siswa sehingga total sampel adalah 70 siswa. Pada kelas VIII7 dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pada kelas VIII2 dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest kelas STAD adalah 27,54 dan nilai rata-rata pretest kelas TPS adalah 27,65. Sedangkan hasil posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi sistem pernapasan pada manusia diperoleh nilai rata-rata 77,02 dengan standart deviasi 8,476 dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata-rata 71,08 dengan standart deviasi 8,406. Dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe TPS dan tipe STAD dengan masing-masing standart deviasi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kedua model tersebut. Dari hasil hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung 2,956 > ttabel 1,9974. Jadi didapat bahwa thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada perbandingan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan STAD pada materi sistem pernapasan di kelas VIII SMP NEGERI I Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2015/2016.