ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORIAL KINESTETIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 1 MEDAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa berdasarkan gaya belajar visual auditorial dan kinestetik siswa pada pembelajaran biologi kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Dengan jumlah populasi yaitu 60 siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel berjumlah 18 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan instrumen penelitian berupa angket sebanyak 36 butir dan lembar observasi aktivitas belajar yang dilakukan sebanyak 2 kali pengamatan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki aktivitas menulis tertinggi dengan presentase sebesar 51,1%, aktivitas melihat yakni sebesar 50% dan aktivitas motorik tertinggi dengan presentase sebesar 39,1%. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki aktivitas mendengar yang tinggi dengan presentase sebesar 37,9% dan aktivitas berbicara dengan presentase sebesar 32,7%. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki aktivitas belajar tertinggi yaitu aktivitas berbicara dengan presentase sebesar 41,4%, aktivitas mendengar dengan presentase sebesar 39,9%.