Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Make A Match pada materi jamur di kelas X SMA Negeri 1 Namorambe Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA Negeri 1 Namorambe Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu untuk kelas Eksperimen I dengan jumlah 30 siswa dan kelas Eksperimen II dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada kelas Eksperimen I (76,33 ± 7,30) dan kelas Eksperimen II (70,5 ± 7,80) dan dilakukan uji –t dengan α = 0,05 diperoleh thit = 3,08 > 1,671. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament lebih baik dan terdapat ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Make A Match pada materi jamur di kelas X SMA Negeri 1 Namorambe Tahun Pembelajaran 2016/2017.