IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LEMBAR KERJA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis lembar kerja (LK) dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dalam aspek kognitif yang diambil dari pemberian test pada akhir pembelajaran sebanyak 25 soal, dalam aspek afektif diambil dengan cara observasi oleh 2 orang observer, sedangkan aspek psikomotorik diambil dengan cara melakukan kerja ilmiah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek kognitif yaitu 83.93 dengan kualifikasi baik. Dalam aspek psikomotorik, nilai rata-rata yaitu 81.25 dengan kualifikasi baik. Dan pada aspek afektif, nilai rata-rata yaitu 79.00 dengan kualifikasi cukup. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi pembelajaran berbasis lembar kerja dengan pendekatan saintifik sangat baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan pada pembelajaran biologi dengan materi pencemaran lingkungan tahun pelajaran 2015/2016.