PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Eria Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan kemampuan proses sains siswa menggunakan metode Student Created Case Studies disertai video dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Eria Medan yaitu sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 290 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas video (X-4) dan kelas gambar (X-5) masing-masing sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektifitas yaitu untuk soal postest sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang diajarkan menggunakan metode Student Created Case Studies disertai video dengan media gambar dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,79>1,997 pada taraf = 0,05. Hasil belajar siswa kelas video diperoleh rata-rata postest sebesar 73,5. Sedangkan hasil beajar siswa kelas gambar rata-rata postest sebesar 66,1. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan proses sains yang diajarkan menggunakan metode Student Created Case Studies disertai video dengan media gambar dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,04>1,997 pada taraf = 0,05. Kemampuan proses sains siswa kelas video diperoleh ratarata postest sebesar 79,8. Sedangkan hasil beajar siswa kelas Gambar rata-rata postest sebesar 74,4