Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran index card match dan talking stick pada submateri sistem indera manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPA3 diajar menggunakan model pembelajaran index card match dan XI IPA4 diajar menggunakan model pembelajaran talking stick, masing-masing kelas terdapat 35 siswa. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran index card match ( ) = 77.02 dengan standar deviasi (SD) = 8.476 dan rata-rata menggunakan model pembelajaran talking stick ( ) = 71.08 dengan standar deviasi (SD) = 8.406. Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran index card match lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran talking stick. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan taraf signifikansi (α) = 0.05 diperoleh thitung > ttabel (2.956 >1.997) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran index card match dan talking stick pada submateri sistem indera manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan T.P. 2015/2016