Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi Ekosistem di kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas model Project Based Learning (PjBL) berjumlah 36 orang sedangkan kelas kontrol berjumlah 37 orang. Hasil analisa data diperoleh: (1) nilai postes hasil belajar dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dimana harga thitung sebesar -0,79 dibandingkan dengan harga ttabel dengan uji dua pihak dimana dk = n1 + n2 - 2 = 70 untuk kesalahan 5% diperoleh harga ttabel sebesar 2,000. Dengan demikian thitung < ttabel (-0,79 < 2,000) sehingga Ho diterima berarti tidak ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Bintang Bayu., (2) nilai postes keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model PjBL dimana harga thitung sebesar 0,63 dibandingkan dengan harga ttabel dengan uji dua pihak dimana dk = n1 + n2 - 2 = 70 untuk kesalahan 5% diperoleh harga ttabel sebesar 2,000. Dengan demikian thitung < ttabel (0,63 < 2,000) sehingga Ho diterima berarti tidak ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Bintang Bayu.