PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN THINK PAIR SHARE PADA SUB MATERI POKOK KINGDOM ANIMALIA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Think Pair Share pada sub materi pokok Kingdom Animalia kelas X SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari sepuluh kelas dengan jumlah siswa 398 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X9 sebagai kelas Make a Match dan X10 sebagai kelas Think Pair Share. Kelas Make a Match berjumlah 39 siswa dan Think Pair Share 39 siswa sehingga sampel berjumlah 78 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal kognitif yang digunakan berupa soal pretes dan postes. Rata-rata hasil belajar kelas Make a Match sebesar 80,21 dengan standard deviasi 8,36 lebih tingggi dibanding kelas Think Pair Share sebesar 76,31 dengan standar deviasi 7,81 dengan perbandingan rata-rata Make a Match : Think Pair Share = 1,1 : 1. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung = 2,131 dan ttabel = 1,991 pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan db = n1 + n2 2 = 76. H0 diterima jika thitung lebih kecil daripada Ha. Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Think Pair Share pada sub materi pokok Kingdom Animalia Kelas X SMA Negeri 11 Medan.