Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM) pada materi ekosistem di kelas X SMA N 1 Paranginan Kec. Paranginan Kab. Humbahas Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di kelas X-A berjumlah 31 orang, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas X-B berjumlah 32 orang, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM),sehingga total sampel 63 siswa. Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan, digunakan uji statistik t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posteskelas Think Pair Share (TPS) sebesar 80,108dan nilai rata-rata postes kelas Make a Match (MaM) sebesar75,208. Rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekperimen I (TPS) mulai dari pertemuan 1 sampai 4 adalah 70,215%, sedangkan rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekperimen I (MaM) mulai dari pertemuan 1 sampai 4 adalah 66,793%. Dengan demikian hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM). Uji hipotesis menunjukkan thitung= 3,478 dengan α=0,05 dan ttabelpada dk = 61 dan α =0,05 adalah 1,99. Oleh karena thitung> ttabel maka hipotesis Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make a Match (MaM) pada materi ekosistem di kelas X SMA N 1 Paranginan Kec. Paranginan Kab. Humbahas Tahun Pembelajaran 2015/2016.